Berita

Soal HOTS, Apakah itu?

Soal HOTS, Apakah itu?

Pernah dengar tentang soal HOTS? Pasti guru kalian pernah membahasnya di kelas. Tapi, tahukah sobat apa yang dimaksuddengan soal HOTS itu?

Dilangsir dari situs soalhots.com, Soal HOTS adalah soal yang melatih kemampuan berpikir individu pada tingkat yang lebih tinggi, meliputi cara berpikir secara kritis, logis, metakognisi, dan kreatif. Kata HOTS sendiri diambil dari singkatan High Order Thinking Skill. Kata High atau tinggi didasarkan pada taxonomi yang dibuat oleh Bloom dan disempurnakan oleh Anderson berikut ini.

Berkebalikan dengan soal HOTS, soal LOTS (lower-order thinking skills) adalah soal yang membutuhkan kemampuan berpikir pada tingkat yang lebih rendah. Soal-soal yang fokus pada kemampuan mengingat, memahami, dan menerapkan bukanlah sebuah soal HOTS meskipun soal itu dianggap susah. Lihatlah contoh soal berikut ini.

Eubacteria yang dapat menghasilkan zat racun pada makanan kemasan dalam kaleng adalah….

A. Pseudomonals sp.

B. Thiobacillus ferrooksidans

C. Clostridium botulinum

D. Escherichia coli

E. Acetobacter xylinum

Soal biologi di atas bukanlah contoh soal HOTS meskipun soal tersebut dianggap susah oleh sebagian siswa. Mengapa? Karena soal di atas hanya berfokus terhadap kemampuan menghafal atau mengingat bukan pada tingkat berpikir yang tinggi yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Soal-soal definisi atau menghitung secara langsung yang sering kita jumpai juga bukan termasuk dalam soal HOTS karena di dalam soal tersebut hanya menggunakan tingkat  berpikir rendah.

Dari pembahasan di atas, kita sudah dapat menyimpulkan bahwa soal HOTS tidak sama dengan soal yang susah dan sebaliknya soal yang susah juga belum tentu termasuk soal HOTS. Lalu seperti apakah soal HOTS itu? Baik, lihatlah contoh di bawah ini.

Zayyan adalah produsen tunggal kue lapis talas gurih di Bandung. Dia menjual kuenya ke semua toko kue dan pusat perbelanjaan terkenal di kota tersebut. Tidak ada pihak lain yang bisa membuat kue lapis seperti Zayyan. Dengan asumsi Zayyan ingim memaksimalkan laba, pertanyaan yang paling benar adalah ….

A. Zayyan menetapkan harga kue lapis talas gurih lebih rendah dari biaya marginalnya.

B. Zayyan menetapkan harga kue lapis talas gurih sama dengan biaya marginalnya.

C. Zayyan menetapkan harga kue lapis talas gurih lebih tinggi dari biaya marginalnya.

D. Zayyan menetapkan harga kue lapis talas gurih ketika penerimaan marginal lebih tinggi dari biaya marginalnya.

E. Zayyan menetapkan harga kue lapis talas gurih berdasarkan harga pasar jenis kue lainnya.

Soal ekonomi di atas adalah contoh soal HOTS karena siswa dituntut untuk memahami konsep dan konteks terlebih dahulu, baru setelahnya proses analisis dan diakhiri dengan menentukan tindakan yang tepat terhadap persoalan yang diberikan.

Sampai disini, dapatkah sobat membedakan yang mana soal HOTS dan soal LOTS? Baik sebagai penutup, tentukan manakah soal yang HOTS dan LOTS untuk soal Biologi di bawah ini?

  1. Apakah peran Burung Elang dalam rantai makanan di atas?
  2. Seorang ilmuan dapat menentukan pestisida ampuh pembasmi ulat sehinggajumlah ulat menurun drastis. Apakah yang akan terjadi pada burung elang.

 

by RIKO ARFIYANTAMA, M.Pd.