Berita

Cross-Cultural Sharing “Empowering the Global Diversity Character among Students”

Cross-Cultural Sharing “Empowering the Global Diversity Character among Students”

Tanggal 27 Oktober 2022, Ahmed Mohammad Salah dari Mesir dan Nurtilek Kadyrov dari Kyrgyztan datang ke SMAN 1 Limbangan dalam acara yang bertajuk CROSS-CULTURAL SHARING “Empowering the Global Diversity Character among Students”. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Pekan Bahasa SMAN 1 Limbangan tahun 2022. Adapun tujuan acara ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada siswa tentang kebudayaan yang ada di luar negeri sehingga mereka mempunyai wawasan yang luas dan juga dapat memiliki sikap toleransi terhadap keberagaman budaya lain.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 jam yang dimulai pukul 9 dengan penampilan tari Warokan, yang disusul dengan acara inti yakni sharing budaya antar negara, dan juga penampilan musik yang dibawakan oleh siswa-siswi SMAN 1 Limbangan. Dalam acara tersebut, siswa juga belajar menggunakan Bahasa Inggris dan berlatih secara langsung pada sesi tanya jawab. Banyak sekali siswa yang antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka mengangkat tangan dan menanyakan beberapa hal kepada Narasumber dalam Bahasa Inggris

Ahmed Mohammad Salah dan Nurtilek Kadyrov yang merupakan mahasiswa S-2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini memberikan banyak sekali informasi tentang negaranya baik dari segi budaya, kebiasaan sehari-hari, makanan tradisional, mata uang, pariwisata, baju adat, dan bahkan informasi tentang piramida. Tidak lupa mereka juga memberi motivasi kepada para siswa untuk dapat melanjutkan Pendidikan setinggi-tingginya seperti yang mereka lakukan saat ini.

Ahmed Muhammad Salah yang sering disapa Ahmed menuturkan bahwa ini adalah momen yang sangat mengesankan baginya. Dia dapat berbagi ilmu dan pengalaman dengan para siswa. Ini adalah kali pertama baginya mengisi acara di jenjang SMA di Indonesia sejak kedatangannya ke Tanah Air 8 bulan yang lalu. Sedangkan Nurtilek Kadyrov yang sering dipanggil Bang Nur telah menetap di Indonesia sejak tahun 2015, dia menyampaikan bahwa dirinya akan dengan senang hati datang lagi ke SMAN 1 Limbangan untuk kegiatan lain jika memang diperlukan.

Para siswa berpendapat bahwa acara ini sangat seru. Mereka dapat bertemu  dengan warga asing, menanyakan banyak hal, mempelajari perbedaan budaya, dan sekaligus belajar menggunakan Bahasa Inggris. Selain hal tersebut di atas, mereka juga berharap agar pihak sekolah dapat mengadakan kegiatan serupa secara rutin.

by RIKO ARFIYANTAMA, M.Pd.