Berita

Gaya Hidup Sehat Remaja

Gaya Hidup Sehat Remaja

Usia remaja sering disebut sebagai masa keemasan, karena apa yang dilakukan di saat remaja hasilnya akan dipetik  ketika usia dewasa, termasuk salah satunya adalah dalam hal kesehatan. Gaya hidup sehat di usia remaja tidaklah sesulit yang dibayangkan. Ada hal dasar yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh, bahkan tidak membutuhkan biaya, hanya membutuhkan komitmen dan rutin yang biasa di lakukan.

Kesehatan adalah aset termahal dalam hidup, berapa banyak biaya yang harus keluarkan ketika sakit. Tidak hanya soal biaya, tapi berapa banyak hal positif yang bisa kamu lewatkan apabila dalam kodisi sakit. Sebagian besar remaja beranggapan bahwa penyakit akan datang menyerang saat usia mereka sudah tua. Sebenarnya pemikiran yang seperti adalah kesalahan besar, karena penyakit tidak akan memandang siapa orang itu dan berapa usianya. Usia remaja merupakan masa-masa emas pencarian identitas diri, saat remaja pastinya seseorang akan lebih produktif dan melakukan berbagai hal tanpa merasa lelah dan tanpa memperdulikan kesehatannya. Berikut ini adalah gaya hidup yang dapat dilakukan remaja untuk menjaga kesehatannya :

  1. Makanan
  • Mengontrol Pola Makan
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi setiap harinya, jika tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup dapat memberikan dampak bagi kualitas kesehatan tubuh.
  • Memenuhi Asupan Vitamin D dan Kalsium
  • Untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan asupan vitamin D dan kalsium. Hal itu bisa dilakukan dengan cara makan sayuran yang berwarna hijau, minum susu, dan terpapar sinar matahari di pagi hari.
  • Memenuhi Asupan Omega 3dan Asam Lemak
  • Kandungan omega 3 dan asam lemak banyak terdapat pada jenis ikan-ikanan, seperti ikan tuna, kod dan salmon. Mencukupi kebutuhan tersebut dapat mencegah terjadinya penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke.
  1. Minuman

Hindari minuman yang banyak mengandung gula, perasa dan pewarna buatan. Sekarang ini banyak produsen yang menjual minuman dengan menggunakan bahan-bahan tesebut. Walaupun masih dalam tahap yang wajar, tapi kalau sering dikonsumsi bahkan setiap hari, justru zat-zat tersebut bisa tertimbun dalam ginjal. Mungkin tidak akan terasa sekarang, tapi akan jadi bom waktu ketika kamu dewasa. Hindari juga alkohol, pasti kamu sudah tahu dampak buruk dari alkohol ini.

  1. Menjaga Berat Badan

Tubuh yang terlalu gemuk atau yang disebut dengan obesitas, tentunya akan memberi ancaman bagi kesehatan. Pasalnya tubuh yang gemuk atau yang terlalu gemuk akan lebih rentan terhadap segala jenis penyakit yang mematikan, seperti penyakit jantung, stroke dan lain sebagainya.

  1. Tidur teratur

Istirahat yang cukup sangat penting buat tubuh kamu yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hindari begadang kalau tidak ada artinya. Istirahat yang cukup artinya istirahat yang berkualitas disesuaikan dengan aktifitas kamu.

  1. Melakukan Aktivitas Sehat

Melakukan aktivitas sehat yaitu dengan cara berolahraga secara teratur serta meninggalkan segala kebiasaan yang tidak menyehatkan, seperti kebiasaan minum minuman keras, kebiasaan merokok dan mengonsumsi narkoba.

  1. Mengajak Otak Untuk Berolahraga

Tak sedikit remaja Indonesia yang mengalami Alzheimer atau kepikunan dini. Hal itu disebabkan otak tidak diasah dengan baik. Mengasah otak atau mengajak otak untuk berolahraga dapat dilakukan dengan cara mengisi teka teki silang, menjawab pertanyaan saat pelajaran, berusaha memecahkan masalah, dan membaca buku yang disukai

 

Oleh EKO WIDIYANTO