Berita

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA N 1 Limbangan

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA N 1 Limbangan

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Tujuan dari P5 adalah menjadikan peserta didik dapat memiliki kompetensi dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang mencakup 6 dimensi yaitu Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan Global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar kritis dan Kreatif.

Implementasi kurikulum merdeka di SMA N 1 Limbangan dilaksanakan pertama kali pada tahun ini di kelas X yang merupakan fase E. Ada 7 Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini dikeluarkan oleh Pusat Pembelajaran dan Asesmen Balitbangbuk Kemendikbudristek.

Dalam satu tahun SMA N 1 Limbangan memilih tiga tema, 3 projek tersebut yaitu:

  • Projek 1 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan
  • Projek 2 dengan tema Kewirausahaan
  • Projek 3 dengan tema Kearifan Lokal

Pelaksanaan P5 di SMA N 1 Limbangan menggunakan sistem blok yaitu 2 minggu penuh sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan dan dilaksanakan pada 19-30 September 2022. Kegiatan P 5 yang pertama kami laksanakan adalah tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan Sub Tema “Cinta Diri Cinta Lingkungan”. Topik yang diangkat adalah tentang pengelolaan sampah, penghematan energi, dan gaya hidup sehat. Latar belakang pemilihan tema yang pertama ini adalah pengimplementasian kegiatan yang mendukung SMA N 1 Limbangan sebagai sekolah Adiwiyata. Pelaksanaan kegiatan P 5 ini diawali dengan seminar yang diisi oleh narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal dan Puskesmas Kecamatan Limbangan.

Narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal, Bapak Aris Irwanto, S.Sos.M.Si. menjelaskan tentang  pengelolaan sampah dan penghematan energi, sedangkan narasumber dari Puskesmas Kecamatan Limbangan, Dr. Agus Pribadi menjelaskan tentang gaya hidup sehat bagi remaja. Kegiatan seminar ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan didampingi oleh guru-guru SMA N 1 Limbangan yang bertugas sebagai fasilitator projek penguatan profil pelajar pancasila.

Tujuan dari kegiatan seminar ini adalah agar siswa-siswa kelas X memiliki gambaran secara umum tentang topik yang menjadi fokus pembuatan projek penguatan profil pelajar pancasila.

Kegiatan selanjutnya adalah pemberian materi dari fasilitator berkaitan dengan ketiga topik yang sudah ditetapkan. Materi yang disampaikan oleh fasilitator berupa studi kasus tentang pengolahan sampah, penghematan energi, dan gaya hidup sehat yang diambil dari artikel, video dari youtube, dan hasil observasi di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat sekitar.

Dari studi kasus/ masalah yang dipaparkan oleh fasilitator, siswa-siswa diberikan kesempatan untuk melakukan diskusi tentang solusi yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut dan merencanakan projek yang sesuai.

Siswa-siswa kelas X bekerja dalam kelompok dengan anggota masing-masing kelompok berjumlah 6 orang. Mereka melakukan diskusi untuk memilih topik dan merencanakan projek yang akan dilakukan, satu kelompok hanya memilih satu topik saja.

Setelah memilih satu topik maka, siswa-siswa dapat langsung mengerjakan projek dengan didampingi oleh fasilitator masing-masing. Projek yang siswa-siswa kerjakan bermacam-macam sesuai denga topik yang mereka pilih. Pada topik pengelolaan sampah bentuk projek yang dilakukan adalah pembuatan film pendek tentang pungut sampah, pemilahan sampah, bersih-bersih sungai, pembuatan produk daur ulang dari sampah berbahan plastik menjadi hiasan dinding, tempat pensil, tas, bunga, buket bunga, keranjang dll, pembuatan kursi dan meja dari ember bekas ban bekas, pembuatan eco enzym.

 

Pada topik penghematan energi bentuk projek yang dilakukan adalah pembuatan film tentang kampanye hemat energi, pembuatan poster dan stiker. Sedangkan pada topik gaya hidup sehat, bentuk projeknya adalah pembuatan slogan, poster, dan film pendek. Projek yang sudah dilakukan didokumentasikan dalam bentuk foto dan video dan dikumpulkan pada tanggal 29 September 2022, selanjutnya dilakukan penilaian oleh fasilitator. Hasil projek yang telah dikumpulkan diseleksi oleh tim P5 dan diambil 4 besar terbaik yang akan dipresentasikan pada saat gelar karya P5.

 

Pada Tanggal 30 September dilaksanakan gelar karya P5 di gedung GSG SMA N 1 Limbangan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan fasilitator. Siswa-siswa menampilkan hasil projeknya di stand-stand yang sudah mereka persiapkan sebelumnya yang dilengkapi dengan papan komentar serta daftar pengunjung stand.

 

Gelar Karya P5 dibuka oleh Kepala sekolah SMA N 1 Limbangan Ibu Wahyu Hidayah, S.Pd. M.Pd. yang disambut dengan meriah dan antusias oleh siswa-siswa. Selanjutnya pemutaran video rangkuman kegiatan P5 yang telah dilaksanakan selama 2 minggu dan diakhir video menampilkan nominasi 4 besar projek terbaik yang akan dipresentasikan oleh 4 kelompok terpilih. Setelah presentasi dilaksanakan, siswa-siswa kelas XI dan XII dan guru-guru dipersilahkan untuk mengunjungi stand-stand dan diberi kesempatan untuk memberikan masukan. Di akhir kegiatan gelar karya P5 diumumkan projek terbaik dan hasilnya adalah kelompok 2 kelas X 3 menjadi yang terbaik mendapatkan reward berupa piala bergilir dari tim P5 yang diserahkan oleh Kepala sekolah. Pemberian reward ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembuatan projek penguatan profil pelajar pancasila di tema-tema berikutnya.

Selama kegiatan P5 dari kegiatan seminar sampai dengan gelar karya, siswa-siswa memberikan tanggapan yang sangat positif. Mereka dapat melakukan kegiatan yang membentuk karakter yang menjadi dimensi pada P5 yaitu bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif.

Alhamdulillah serangkaian kegiatan P5 pada tema 1 yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan sukses dilaksanakan. Untuk selanjutnya tim P5 merencanakan tema 2 yaitu kewirausahaan yang akan dilaksanakan pada awal bulan November 2022.

Oleh Nurul Ismawati, M.Pd.