Berita

KIP Kuliah 2023 Dibuka, Kemendikbudristek Minta Siswa Segera Daftar

KIP Kuliah 2023 Dibuka, Kemendikbudristek Minta Siswa Segera Daftar

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 telah dibuka mulai 14 Februari 2023. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta siswa yang masuk kategori agar tak menunda untuk melakukan pendaftaran.
Kepala Pusat Pelayanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek, Abdul Kahar, mengatakan para siswa yang merasa layak untuk mendapat KIP Kuliah untuk segera mendaftar sedini mungkin dan tidak menunggu sampai mendekati masa akhir masa pendaftaran.

“Ini penting, sebab menjelang hari-hari terakhir masa pendaftaran, ada kemungkinan trafik jaringan membludak sehingga berpotensi terganggu sehingga berpotensi gagal atau tidak bisa submit, karena itu lebih cepat mendaftar lebih baik,” katanya dikutip detikedu dari laman Puslapdik, Rabu (15/2/2023).

Namun, Kahar meminta para siswa sebelum mendaftar agar sebaiknya mulai mencari info persyaratan dan setelah itu dilengkapi. sehingga saat masuk ke sistem KIP Kuliah bisa segera selesai dan tidak berulang-ulang.

Kahar juga menyatakan siswa calon pendaftar harus menyadari kuota KIP Kuliah itu terbatas sehingga tidak semua pendaftar akan memperoleh beasiswa tersebut.

“Mungkin data-datanya lengkap dan sesuai dengan persyaratan, tapi ada juga pertimbangan kelayakan, sehingga KIP Kuliah ini sifatnya kompetitif,” ujarnya.

Ia menyambung,”Ingat, KIP Kuliah menerima semua jalur seleksi, jadi kalau gagal di seleksi SNPMB, masih ada seleksi SNBP, dan UTBK-SNBT, juga ada jalur seleksi di perguruan tinggi swasta, bisa di perguruan tinggi akademik atau vokasi.”

Nah, bagi kamu yang akan mendaftar, bisa menyimak syarat, jadwal, dan cara daftar KIP Kuliah 2023.

Syarat Mendaftar KIP Kuliah 2023
Pendaftar KIP Kuliah merupakan siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya.
Memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
Siswa mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan Akreditasi A atau B. Dimungkinkan pula untuk prodi dengan Akreditasi C dengan pertimbangan tertentu.

Jadwal Seleksi KIP Kuliah, SNBP, & SNBT 2023
Registrasi Akun/Pendaftaran KIP Kuliah 2023: 14 Februari-31 Oktober 2023.
Penetapan Penerima Baru: 1 Juli-31 Oktober 2023
Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023: 14 Februari-28 Februari 2023.
Pengumuman Hasil SNBP 2023: 28 Maret 2023
Pendaftaran UTBK-SNBT: 23 Maret-14 April 2023
Pelaksanaan UTBK Gel I: 8-14 Mei 2023
Pelaksanaan UTBK Gel II: 28 Mei 2023
Pengumuman Hasil SNBT: 20 Juni 2023

Cara Daftar KIP Kuliah 2023
Melakukan pendaftaran melalui di web Sistem KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.
Menginput data pada NIK, NPSN, NISN, dan alamat email yang aktif.
Apabila data yang diinput berhasil divalidasi, sistem KIP kuliah akan mengirimkan Nomor
Lakukan pendaftaran dan Kode Akses melalui alamat email yang didaftarkan.
Melakukan pendaftaran hingga selesai di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur yang dipilih (SNBP, SNBT, Mandiri, dan seterusnya).
Apabila diterima di perguruan tinggi, pendaftar kemudian boleh melakukan verifikasi kepada perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.